Menulis Sebagai Bukti Perawat Itu Ada dan Hidup Selamanya

Post Top Ad

Cara Mengobati Nyeri Sendi pada Asam Urat Tanpa Menggunakan Obat Kimia

Ilustrasi Nyeri Sendi pada Asam Urat
Salam sehat sahabat Perawat Traveler (PeTrav)

Hari ini PeTrav akan membahas lebih lanjut tentang penyakit Gout Athritis atau yang biasa disebut dengan asam urat.

Hal yang sangat mengganggu pada penyakit ini ialah rasa nyeri pada sendi yang tidak bisa tertahankan. Sangat menyebalkan, bahkan jika kadar asam urat terus meningkat, akan terlihat kemerahan dan bengkak pada sendi.

Yang mengalami asam urat pasti tahu deh bagaimana rasa nyerinya, sehingga dapat mengganggu aktivitas keseharian.

Nyeri ini muncul karena penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian, yang berasal dari kelebihan asam urat di dalam darah. Nyeri tersebut dapat bersifat sistemik atau menyeluruh yang menyerang beberapa sendi, sehingga menyebabkan kerusakan pada tulang sendi.

Nah, ketika nyeri tersebut datang biasanya dokter memberikan obat-obat anti nyeri berupa Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS). Tapi obat anti nyeri ini memiliki efek samping yang serius yaitu pendarahan pada saluran cerna. Risiko tersebut akan semakin besar seiring dengan tingginya dosis, pemakaian campuran, dan usia penderita.

Ilustrasi Obat Anti Nyeri

Tak jarang juga orang yang menderita asam urat, karena sering mengkonsumsi obat anti nyeri akhirnya terkena asam lambung. Jadi berabekan, mau sembuh, eh.., dapat penyakit lain.

Kompres Hangat Jahe

Jadi, bagaimana juga sih cara mengobati nyeri asam urat ini?

Sahabat PeTrav jangan sekali-kali memijat bagian yang sakit pada asam urat, karena dapat menyebarkan kristal-kristal asam urat di dalam darah. Akibatnya bukan berkurang nyerinya, tapi justru semakin meradang yang mengakibatkan sendinya membengkak dan memerah.

Solusi yang tepat untuk mengatasinya ialah dengan cara mengompresnya menggunakan jahe hangat.
Parutan Jahe
Jahe bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada asam urat karena jahe memiliki sifat pedas, pahit dan aromatic dari olerasin seperti zingeron, gingerol dan shogaol.

Olerasin memiliki potensi anti inflamasi, analgetik dan antioksidan yang kuat. Sedangkan gingerol dan shagaol dapat menghambat sintesis progtaglandin sehingga nyeri reda atau radang berkurang.

Kandungan air dan minyak tidak menguap pada jahe berfungsi sebagai enhancer yang dapat meningkatkan permeabilitas olerasin menembus kulit tanpa menyebabkan iritasi atau kerusakan hingga ke sirkulasi perifer.

Cara Membuat Kompres Hangat Menggunakan Jahe
Alat dan bahan
1.  Jahe 100 gram
2.  Parutan
3.  Kain kompres


Cara membuat
1. Sediakan jahe 100 gr yang diparut
2. Sediakan air hangat (40ºC-50ºC)
3. Masukkan jahe yang sudah diparut ke dalam kain
4. Celupkan pada air hangat
5. Kompres pada daerah yang nyeri selama 20 menit.
6. Lakukan secara berulang sampai nyeri pada sendi hilang.

Itu dia sahabat PeTrav yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri sendi pada asam urat, tanpa mengunakan obat. Praktiskan,! Jadi, tidak perlu lagi sering-sering menggunakan obat kimia. Karena sebenarnya obat itu racun bagi tubuh kita.



Referensi

Junaidi. (2008). Rematik dan asam urat. Jakarta : Gramedia.

Listyarni, A.D., & Purnamasari, S.D.I. (2015). Kompres Air Rendaman Jahe Dapat Menurunkan Nyeri Pada Lansia Dengan Asam Urat di Desa Cengkalsewu Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan. 01.04. 19-27.

Rusnoto, Cholifah, N dan Retnosari I. (2015). Pemberian kompres hangat memakai jahe untuk meringankan skala nyeri pada pasien asam urat di desa Kedungwungu Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. JIKK.  06. 01.


2 komentar:

  1. Kalau suamiku pakai jahe merah, mbak, lebih panas dan ampuh ngatasin nyeri sendi..jahe biasa ternyata juga bisa ya? Soalnya jahe merah susah dapetinnya.

    BalasHapus
  2. Iya, Jahe biasa juga bisa mbak. Sebagian orang ada yang nggak tahan dengan jahe merah, karena panasnya itu loe.

    BalasHapus

Terimakasih Telah Memberikan Komentarnya - Silahkan Komentar dibawah ini !!!!

My Instagram