Menulis Sebagai Bukti Perawat Itu Ada dan Hidup Selamanya

Post Top Ad

Enam Tanda Kamu Sehat Jiwa


Salam sahabat perawat traveller.

Postingan kali ini aku akan membahas tentang enam tanda sehat jiwa. Ini sangat penting kamu ketahui karena kamu bisa mengantisipasi dirimu untuk tidak mengalami gangguan jiwa.

Dengan melihat Rentang Respon Kesehatan Jiwa kamu juga bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan jiwamu saat ini.
Menurut UU No.23 1992 tentang kesehatan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera baik badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Jadi yang dikatakan sehat bukan hanya sekadar sehat fisik saja, tapi juga jiwa, dan sosial. Nah, sekarang kita lihat apa saja tanda kamu dikatakan sehat jiwa.

1. Menyadari sepenuhnya kemampuan diri

Orang yang sehat jiwa akan menyadari kemampuan dirinya, sehingga dengan kemampuan tersebut bisa membuatnya hidupnya lebih produktif.


Aku mempunyai kemampuan menulis, jadi aku menggunakan kemampuan ini untuk membuat berbagai macam tulisan yang membuat orang mengenal diriku sebagai penulis.

Sebagai lulusan sarjana keperawatan, aku juga sangat suka ilmu tentang kesehatan jiwa yang membuat diriku membentuk sebuah komunitas yang fokus tentang kesehatan jiwa yaitu Griya Schizofren Aceh.

Jadi, temukanlah apa yang menjadi kemampuan dirimu supaya jiwamu tetap sehat.

2. Mampu menghadapi stress kehidupan yang wajar

Siapa sih yang tidak mempunyai masalah? Setiap orang mempunyai masalah dengan kehidupannya dan masalah itu sebenarnya adalah proses pendewasaan diri.


Mereka yang dikatakan sehat jiwa ialah yang mampu menghadapi stress kehidupan dan mencari penyelesaian masalah dari stressor yang dihadapinya.

Stress di sini bukan bermakna gangguan jiwa atau yang orang awam sebut ‘gila’. Tapi lebih kepada tekanan emosional yang diterima diri karena ada hal-hal yang kurang sisenangi atau ditakuti.

3. Mampu bekerja secara produktif dan memenuhi kebutuhan hidup

Ini perlu diingat, bila produktifitas kerjamu menurun sehingga mempengaruhi kebutuhan hidupmu berarti kamu sedang mengalami masalah kejiwaan.


Tahun 2017 lalu pada peringatan mental health day di 10 Oktober mengangkat tema tentang Kesehatan Jiwa di Tempat Kerja. Hal ini dikarenakan banyak para pekerja yang kurang nyaman dengan pekerjaan dan lingkungan kerjanya, sehingga membutuhkan pertolongan kesehatan jiwa untuk meningkatkan produktifitas kerjanya.

4. Dapat berperan serta dalam lingkungan hidupnya

Bila kamu tergerak untuk berperan serta dalam kehidupan lingkunganmu seperti membantu temanmu yang sedang kesusahan, menyantuni anak yatim, dan terlibat dalam melakukan aksi sosial berarti kamu mempunyai jiwa yang sehat.


Kegiatan sosial yang kamu lakukan juga berdampak baik bagi kesehatan jiwamu, karena ketika kita memberikan kebahagiaan kepada orang lain ada perasaan senang yang membuat kita merasa berguna dan bermanfaat untuk orang lain.
Sebaik-baiknya manusia ialah yang dapat memberi manfaat untuk orang lain.
5. Menerima baik apa yang ada pada dirinya

Semua yang diberikan Tuhan kepada kita merupakan hal terbaik yang harus kita terima dan syukuri. Tidak pantas rasanya menyalahkan Tuhan bila keinginanmu tidak sesuai dengan kondisi dirimu.

Misalanya kamu ingin kurus seperti si A, hidungmu mancung seprti si B, dan wajahmu cantik seperti si C yang membuat dirimu melakukan berbagai cara untuk bisa seperti mereka. Orang yang seperti ini sangat berpotensi untuk mengalami ganguan jiwa karena mereka tidak bisa menerima dengan baik apa yang ada pada dirinya.

6. Merasa nyaman dengan orang lain

Tentu orang yang sehat jiwa akan merasa nyaman saat berada dengan orang lain. Mereka bisa berinteraksi dengan baik sehingga terjalin hubungan emosional yang membuat perasaan menjadi nyaman.



Itulah enam tanda kamu dikatakan sehat jiwa. Bila dua atau lebih diantaranya tidak kamu miliki, maka kamu perlu mendapat pertolongan dengan mendatangi puskesmas untuk berkonsultasi dengan perawat kesehatan jiwa atau dengan dokter GP+.
Mencegah lebih baik dari pada mengobati sebelum semuanya datang terlambat.
Sumber tulisan dari steemit @yellsaints24 

2 komentar:

  1. Bacanya mah enak tapi kadang susah mempraktekan nya, hehe :D

    BalasHapus
  2. Yups, mesti harus belajar supaya mudah dipraktikin hehehe

    BalasHapus

Terimakasih Telah Memberikan Komentarnya - Silahkan Komentar dibawah ini !!!!

My Instagram